Kamis, 20 September 2012

Kayu manis (Cinnamomum Burmanii)

tanaman_33kayu_manisAnggota Famili Lauraceae ini juga memiliki nama lain Cinnamomum Mindanaense Elmer dan Laurus Burmanii Nees & T. Nees. Tanaman kayu manis berbentuk pohon dengan tinggi  sekitar 5–15 M. Kulit batang dan daun beraroma Cinnamon (kayu manis). Daunnya memiliki panjang 4–14 Cm, berwarna merah pucat (daun muda). Habitat asli tanaman ini adalah di hutan campuran dengan ketinggian 1.000 M dpl. Namun kayu manis juga dapat hidup di ketinggian 700–2.400 M dpl. Dahulu kayu manis masih diimpor dari negeri Cina ke Indonesia. Namun saat ini tanaman tersebut sudah tumbuh subur di Sulawesi, Jawa, Maluku dan Papua.
Kayu manis sudah banyak di gunakan di industri makanan dan minuman, misalnya dalam pembuatan es krim, permen dan jenis-jenis permen karet. Kayu manis juga digunakan dalam dunia obat-obatan, di antaranya bisa digunakan untuk obat sariawan, obat batuk, sesak napas, nyeri lambung, perut kembung, diare, rematik dan menghangatkan lambung.
Kandungan senyawa kimia utama dari kayu manis adalah asam cinnamat dan cinnamaldehid. Cinnamaldehid adalah analog asam cinnamat dengan berat molekul rendah, senyawa ini memiliki banyak aktivitas di antaranya sebagai antipiretik, astringen, anti bakteri, anti jamur dan anti tumor.



http://www.desputrohome.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...