Rabu, 19 September 2012

Ponsel, Gaya Hidup atau Sekedar Kebutuhan?

Ponsel atau handphone merupakan suatu alat komunikasi yang tidak asing bagi masyarakat kita, dari orang dewasa maupun anak-anak kenal baik dengan media komunikasi jenis ini. Ponselpun sudah berkembang sesuai dengan jaman dan teknologi dari yang dulunya hanya bisa buat telepon-teleponan atau SMSan sekarang ini ponsel sudah begitu canggihnya dengan tambahan fitur-fitur yang “menggairahkan” seperti fasilitas musik, radio, kamera, TV, internetan dan lain-lain.

Jangan heran kalau ponsel tidak hanya dimiliki kalangan bisnis atau orang berduit saja tetapi dari penjual sayur-sayuran, tukang ojek bahkan tukang sampahpun juga memilikinya… “Kalau ada pelanggan mau pesan sayur-sayuran atau lauk tinggal sms atau telepon saya”, demikian kata tukang sayur yang jadi langganan saya di rumah… walah jadinya kalau mau pesan ini-itu tinggal kontak dia aja pasti beres dah urusan belanjaan “praktis dan cepat” :-D atau kalau tempat sampah di rumah sudah mulai penuh  tinggal  sms deh ke tukang sampah dan hanya dalam hitungan menit sudah diangkat tuh sampah “praktis dan cepat lagiie dah pokoknya” :-)

Nah sekarang yang jadi pertanyaan… Ponsel sebagai gaya hidup atau memang benar-benar jadi suatu kebutuhan sekarang ini? Ada teman yang sampai dibela-belain ambil kredit dengan bunga yang lumayan tinggi demi sebuah ponsel yang harganya termasuk mahal buat ukuran kita-kita, padahal dia hanya menggunakan fungsi ponselnya buat SMSan, dengar musik atau radio aja, sedangkan fungsi-fungsi ponselnya yang lain jadi mubadzir karena tidak dia gunakan.. “kalau buat telepon-teleponan itu ntar dulu ya dan itupun dilihat pulsanya dulu ada apa ga”, saya hanya berkata “Ya kalau sekedar buat SMSan terus dengar musik atau radio aja, ngapain juga beli yang mahal-mahal lagian banyak juga ponsel yang murah meriah yang fasilitasnya ada seperti yang kamu butuhkan, lagian tuh ponsel ada pulsanya apa ga?”, sambil cengar-cengir dia menjawab “Walau ga ada pulsanya yang penting penampilannya dulu prend, jaga gengsi dong masa hari gini masih pake ponsel murah meriah apalagi ponsel jadul, malu kalo dilihat orang.. penampilan.. penampilan dong prend!”.

Nah gimana tuh.. sampai segitunya teman saya beralasan, kalau saya sih tidak bisa menyalahkan dia karena dia beli tuh ponsel pake duit-duitnya sendiri dan hasil keringat-keringatnya sendiri (asem dong) :-D . Rata-rata orang-orang  pasti akan bersikap seperti teman saya… coba kalau ga percaya tanya aja sendiri ke mereka, sayapun sempat membenarkan ucapan teman saya itu, tapi setelah dipikir-pikir lagi buat apa, mending pake ponsel yang sesuai dengan kebutuhan kita karena kebutuhan kita tak hanya untuk ponsel aja kan tetapi ada yang lebih dan lebih penting dari itu (masa mau makan minum pake menu ponsel terus berpakaian mesti pake pakaian ponsel dan lain-lain) :-D .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...